Gambar 1Proteksi Tanaman IPB “Berkreasi” dengan kunjungan lapangnya ke beberapa perusahaan dan areal pertanian di Jawa Barat. Dengan rute perjalanan Bogor-Subang-Bandung ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMASITA) setiap tahunnya dengan sebutan MIGRATORIA. Acara yang berlangsung selama 3 hari 2 malam bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan analisa para mahasiswa secara langsung di lapangan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi suatu wadah untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa Proteksi Tanaman angkatan 46, 47 dan beberapa dosen pembimbing yang hadir.

 

 

Kunjugan pertama MIGRATORIA 2012 yaitu Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman (BBPOPT) yang terletak di Subang, Jawa Barat (16/01/12). Kunjungan yang bertajuk tentang peramalan hama ini diharap dapat meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam menganalisa serangan hama yang dapat timbul para areal pertanian. Selain materi yang disampaikan oleh tim BBPOPT, mahasiswa juga langsung diberikan arahan berupa praktek laboratorium ke beberapa bagian, diantaranya Pestisida Nabati,. Vertebrata Hama dan Entomologi.


 

Masih pada hari yang sama. Setelah kunjungan dari BBPOPT, teman-teman Proteksi Tanaman melanjutkan perjalanan ke salah satu perusahaan pestisida terbesar di dunia yaitu SYNGENTA Indonesia yang terletak pada daerah Cikampek, Jawa Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan cara dan aplikasi pestisida secara umum pada pertanian. 

Gambar 2

Memasuki hari ke 2 (17/01/12), teman-teman Proteksi Tanaman mengunjungi salah satu PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII milik pemerintah yang terletak di daerah Pengalengan, Jawa Barat. Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada pengelolaan teh ini sangat menjaga produk dan kualitasnya, mulai dari teh kualitas terbaik yang biasa di ekspor sampai teh kualitas menengah yang biasa dipasarkan untuk dalam negeri. Kunjungan ke PTPN VIII ini mahasiswa diajarkan proses produksi teh mulai dari Tingkat On farm sampai Off farm.

 

Gambar 3

Setelah kunjungan dari PTPN VIII, teman-teman Proteksi Tanaman melanjutkan kegiatan berupa acara tanya jawab langsung kepada Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) di sekitar pengalengan, Jawa Barat. Kelompok Tani ini memiliki tipe pertanaman yang berbeda-beda, mulai dari kentang, kubis ataupun tananaman hortikultura pegunungan lainnya. Melalui kegiatan ini, para mahasiswa diharapkan mengerti permasalahan petani secara langsung dan bagaimana cara pengelolaan pertanian di dataran tinggi.

 

Tibalah pada hari terakhir, saatnya untuk berwisata sembari refreshing di Kawah Putih. Lokasi wisata yang terletak pada kabupaten Bandung ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Mulai dari suasana yang asri, udara yang sejuk, ataupun kawah berwarna putih dengan bau belerang yang cukup menyengat. Teman-teman dari Proteksi Tanaman tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, mereka menikmati wisata dengan berfoto untuk mengabadikan kenangan bersama di MIGRATORIA 2012.

Gambar 4

 

 

Share/Bookmark