IMG_8074

Tidak diketahui pasti, apa makna ataupun singkatan dari kata LESTARI itu sendiri bagi HIMASITA. Menurut sang Ketua Acep Muhamad, LESTARI dimaksudkan agar HIMASITA tahun ini dapat melesatarikan hal-hal baik yaitu tradisi keprofesian, apresiasi terhadap prestasi, dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan Proteksi Tanaman. Kabinet LESTARI tidak menonjolkan tema-tema berlebihan, namun melakukan penekanan dan maksimalisasi terhadap program-program yang sesuai visi dan misi HIMASITA yang koheren dengan visi dan misi departemen Proteksi Tanaman.

Kegiatan-kegiatan yang digagas HIMASITA tahun ini akan difokuskan pada pengembangan skill keprofesian yang dapat menjadi bekal mengabdi ke masyarakat. HIMASITA mulai mengaktifkan lagi kegiatan-kegiatan turun ke lapang bersama Klinik Tanaman meskipun sebatas pemetaan serangan hama maupun gejala penyakit, namun hal ini diharapkan dapat meningkatkan ras percaya diri mahasiswa Proteksi Tanaman untuk terjun ke lapang.

Segi internal sendiri, HIMASITA tahun ini terus mengupayakan untuk mengadakan diskusi dengan senior dan kakak kelas di departemen. Melakukan komunikasi-komunikasi lintas departemen sangat diperlukan agar nantinya dapat meningkatkan rasa memiliki di departemen itu sendiri. Hubungan lintas angkatan terus diperbaiki guna mewujudkan sinergi dari keseluruhan angkatan. Usaha ini dilakukan dengan berbagai upaya seperti menyertakan seluruh angkatan dalam kegiatan Migratoria, kontingen atlet dan seniman untuk perlombaan di internal kampus, hingga pelaksanaan kegiatan bertaraf nasional seperti National Plant Protection Event (NPV). Semua kegiatan tersebut menyertakan seluruh angkatan sebagai upaya agar tercipta rasa kekeluargaan yang erat di departemen Proteksi Tanaman.

Begitu banyak kekurangan yang harus diselesaikan oleh kepengurusan tahun ini, namun sikap optimis harus tetap ditunjukkan sebagai bentuk luaran rasa percaya antar sesama teman. Karena, sebagaimana lidi yang tidak akan bermanfaat dengan hanya satu helai, begitu juga kepengurusan HIMASITA tahun ini, tidak akan berjalan dan berhasil bila hanya memanfaatkan peran dari satu sisi. Kerja keras harus ditunjukkan oleh pengurus, alumni, dosen, dan seluruh warga dan keluarga departemen Proteksi Tanaman.

Mari kita bekerja bersama-sama mewujudkan departemen Proteksi Tanaman yang profesional, prestatif, dan sejahtera. :)

Selamat berkarya!!

 

(by tr)

Share/Bookmark