indexSabtu, 23 April 2016 menjadi hari pembukaan kegiatan Insetaria 2016. Bertempat di Villa Green Pakis Gunung Bunder, acara dibuka dengan pelepasan serangga oleh Bapak Ir. Bonjok Istiaji, M.Si di depan para peserta. Kegiatan yang diketuai oleh Dani Aldinas dari Proteksi Tanaman  51 ini berlangsung selama dua hari, yakni 23-24 April 2016. Insectaria 2016 terdiri dari kegiatan field trip serta pelatihan bagi mahasiswa Proteksi Tanaman angkatan 52 dan termasuk dalam  praktikum mata  kuliah Entomologi Umum.

Hari pertama diisi dengan berbagai kegiatan. Sebelum menuju acara inti, para peserta diajak oleh panitia melakukan beberapa games. Permaianan pertama adalah ranjau kekompakan, selama permainan tersebut para peserta diminta untuk memberikan kode kepada teman sekelompoknya untuk melewati lintasan yang terbagi menjadi beberapa kotak. Gerimis yang sudah  mulai turun pada siang itu nampaknya tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk mengikuti permainan. Permaianan kedua adalah puzzle insect. Selain menuntut kekompakan, permainan tersebut juga menguji pengetahuan para peserta tentang ordo dan famili serangga.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan demo trap. Baru beberapa menit dimulai, cuaca yang tidak mendukung karena hujan turun begitu lebat akhirnya memaksa kegiatan demo trap untuk dihentikan. Sebagai gantinya, dilakukan  pemberian materi dari kakak kelas kepada para peserta pada malam harinya yang bertempat di aula Villa Green Pakis. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pencarian serangga malam pada pukul 21.30. Meski hanya mencari di sekitar halaman villa dan dengan bantuan lampu senter para peserta sangat bersemangat untuk mencari serangga. Waktu yang sudah larut juga membuat kegiatan ini hanya berlangsung sebentar kemudian malam itu ditutup dengan penyalaan api unggun. Pukul 22.30 para peserta sudah memasuki barak asing-masing untuk beristirahat setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari itu,index2

Rangkaian acara pada hari Minggu dibuka dengan kegiatan senam pagi. Saat itu semua peserta memenuhi halaman Villa Green Pakis. Kegiatan selanjutnya yaitu penarian serangga pagi. Pukul 07.00 para peserta didampingi panitia serta kakak kelas dan asprak menuju lapangan villa untuk menangkap serangga. Kali ini lengkap dengan jaring dan alat-alat menangkap serangga, para perserta menyebar ke segala penjuru lapangan villa. Pukul 09.00 para peserta sudah berhasil memenuhi plastik dan botol dengan serangga, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan merapihkan barang-barang.

Acara dilanjutkan kembali mulai pukul 11.00 dengan pemberian materi tentang Himasita dan club-club yang ada di Departemen Proteksi Tanaman. Materi diberikan oleh perwakilan dari setiap divisi Himasita serta club. Kegiatan Insecatria 2016 hari itu kemudian ditutup dengan upacara penutupan pada pukul 14.00.

Share/Bookmark