F4710A04-641D-4DA7-BB00-54B6C988DFC8

Hallo, Protectors!

Badan Karantina Pertanian (Barantan) bergerak cepat menyikapi pemberitaan berita internasional terkait kematian warga di Australia setelah mengkonsumsi buah rock melon (cantaloupe). Seperti diketahui rock melon Australia tercemar bakteri listeria dan menimbulkan kematian 3 orang warga.

“Benar kasus ini terjadi. Kami sudah mendapat konfirmasi resmi pemerintah Australia”, ujar Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian.

Kejadian ini merupakan sinyal emergency bagi pemerintah Indonesia untuk segera melakukan tindakan antisipatif, meski sebenarnya belum ada importasi secara langsung ke Indonesia.

“Buah ini di ekspor ke Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya. Kita perlu waspadai utamanya masyarakat yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura”, tegas Banun. Masyarakat Kepulauan Riau, Batam dan pesisir Sumatera sangat berisiko.

“Bukan tidak mungkin masyarakat di pesisir timur Sumatera berpeluang mengkonsumsinya, karena lalu lintas orang ke negeri seberang cukup intens”, tambahnya.

Banun lebih lanjut menghimbau untuk saat ini masyarakat waspada terhadap buah melon tersebut, dan menghindari kontak langsung atau konsumsi melon tersebut hingga adanya investigasi dan langkah pencegahan pemerintah Australia. Barantan akan memperketat pemeriksaan buah impor asal Australia, karena bukan tidak mungkin potensi penularan dari jenis buah lainnya.

Sumber : http://karantina.pertanian.go.id/pers-540-rock-melon-australia-berbakteri-barantan-bergerak-cepat.html

———————————————–

F057/III/10/18
Divisi Informasi, Komunikasi dan Jurnalistik
Kabinet Kembara
HIMASITA 2018
Instagram : @himasitaipb
Twitter : @himasita_ipb
Facebook : Himasita IPB
ID Line : @ama5091e
himasita.lk.ipb.ac.id
#ProteksiTanamanIPB
#GregariousGrowGoal
#HimasitaIPB

Share/Bookmark