myhome_9

[MENGAPA HARUS PHT?]

Pengendalian Hama Terpadu memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, petani, pemerintah dan masyarakat lainya. Berikut manfaat dari PHT

1. Ramah lingkungan

Dengan adanya penerapan PHT penggunaan pestisida di lapang menurun sehingga lingkungan menjadi aman dari pestisida. Oka (1994) menyebutkan baha dengan menurunnya jumlah penggunaan pestisida serta frekuensi aplikasinya setelah diterapkannya PHT dapat menekan pencemaran lingkungan secara fisik sekecil-kecilnya. Selain itu, resiko kegagalan produksi dapat diperkecil.

2. Ekonomi menguntungkan

Petani PHT memperoleh manfaat yang besar diantaranya dapat menekan dan meminimalkan biaya produksi padi. Petani PHT mengeluarkan biaya sebesar 2,82% untuk penggunaan pestisida sedangkan petani Non-PHT menggunakan minimal 5,93% untuk biaya.

Penerapan PHT mampu menghemat input sebesar 14,4% setiap hektarnya dan mampu meningkatkan pengembalian sebesar 42,7% jika dibandingkan dengan tidak diterapkannya PHT. Dengan adanya penghematan input dan pengembalian yang lebih besar berdampak pada peningkatan pendapatan petani.

Pemerintah dapat menghemat dana subsidi sekitar 120 milyar dolar Amerika per tahun, sementara saat yang sama ledakan populasi hama yang menjadi ancaman terhadap keamanan penyediaan juga menurun dratis.

3. Konsumen terlindungi dari residu pestisida yang tidak diperlukan
#proteksitanamanipb
#proteksitanaman
#himasitaipb
#pht
#ekspedisipadinusantara
#KRKP

———————————————–

B125/VII/4/18
Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kabinet Kembara
HIMASITA 2018
Instagram : @himasitaipb
Twitter : @himasita_ipb
Facebook : Himasita IPB
ID Line : @ama5091e
himasita.lk.ipb.ac.id

Share/Bookmark