myhome_26

[APA ITU PLASTIK?]

Hai, protectors!

Kamu pasti tahu kan apa itu plastik? Plastik adalah salah satu material yang sangat sering kita jumpai di sekeliling kita. Banyak sekali barang-barang yang terbuat dari bahan plastik. Namun, tahukah kamu apa pengertian plastik secara ilmiah?
Plastik merupakan senyawa polimer alkena dengan bentuk molekul sangat besar. Istilah plastik, menurut pengertian kimia, mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Molekul plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau nilai ekonominya. Namun, tahukah kamu bahwa plastik memiliki dampak yang sangat bahaya terhadap lingkungan ?
Diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Ini adalah sebuah waktu yang sangat lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.
2. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.
3. Kantong plastik juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air dan tanggul, sehingga mengakibatkan banjir. Bahkan, yang terparah dapat merusak turbin waduk. ———————————————–
E135/VIII/7/18
Divisi Sosial dan Lingkungan
Kabinet Kembara
HIMASITA 2018
Instagram : @himasitaipb
Twitter : @himasita_ipb
Facebook : Himasita IPB
ID Line : @ama5091e
himasita.lk.ipb.ac.id
#ProteksiTanamanIPB
#GregariousGrowGoal
#HimasitaIPB

Share/Bookmark