myhome_29

[FAKTA-FAKTA BURUK SEPUTAR PLASTIK]

Selamat hari Senin, protectors!

Berbagai fakta berikut mungkin akan membuka cakrawala kesadaran kita betapa pentingnya berhemat energi termasuk penggunaan plastik demi kelangsungan hidup generasi dan bumi kita tercinta.

Fakta 1: Untuk membuat botol-botol plastik diperlukan kurang lebih 175 juta Barel minyak bumi untuk memproduksinya dalam setahun. Nyatanya biaya produksi tersebut setara untuk konsumsi 1 juta mobil.

Fakta 2: Menurut penelitian diperlukan waktu 1 milenium atau 1000 tahun untuk mengurai sampah plastik di tanah. So, pastinya dengan tahu fakta tersebut perlu berpikir ulang untuk membuang sampah plastik sembarangan di tanah.

Fakta 3: Indonesia memproduksi kurang lebih 300 juta ton yang berpotensi mencemari lingkungan. Fakta lainnya, plastik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan, bahkan kematian jika termakan oleh manusia maupun hewan.

Fakta 4: Biasanya kita memusnahkan sampah plastik dengan cara dibakar, namun pembakaran yang tidak sempurna dari plastik dapat menghasilkan zat kimia berbahaya yang disebut dioksin yang memicu kanker dan gangguan syaraf. Selain itu, di udara zat plastik yang dibakar juga menghasilkan zat karsinogen di udara dan sangat berbahaya ketika terhirup.

Fakta 5: Kantong plastik yang biasa kita gunakan saat berbelanja menyebabkan polusi 544 gram di udara dan menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena dibuang sembarangan.

———————————————–
E138/VIII/13/18
Divisi Sosial dan Lingkungan
Kabinet Kembara
HIMASITA 2018
Instagram : @himasitaipb
Twitter : @himasita_ipb
Facebook : Himasita IPB
ID Line : @ama5091e
himasita.lk.ipb.ac.id
#ProteksiTanamanIPB
#GregariousGrowGoal
#HimasitaIPB

Share/Bookmark