[dr. Tan Info PGPR as Biopesticides]

dr tan pgpr
Holaa protectors!! Tahukah kamu bahwa PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) diprediksi akan menjadi tumpuan pertanian masa depan? Study yang baru-baru ini dilakukan oleh Prasad et al. (2019) membenarkan hal ini. PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) merupakan kelompok bakteri yang dapat secara aktif mengkoloni daerah perakaran dan membantu pertumbuhan tanaman, kesehatan, dan juga kesuburan tanah.
Bakteri yang tergolong PGPR dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
1. Biofertilizer, golongan bakteri yang membantu ketersediaan nutrisi potensial bagi tumbuhan. Misalnya bekteri penambat Nitrogen, Rhizobium sp.
2. Phytostimulator, golongan bakteri yang memproduksi atau menambah ketersediaan hormon-hormon dan zat pengatur tumbuh. Misalnya Aeromonas veronii yang menyintesis IAA yang membantu pertumbuhan padi.
3. Biopesticides, golongan bakteri yang dapat mengontrol patogen tumbuhan. Misalnya Azospirillum strains SPS2, WBPS1 dan Z2-7 yang membantu mengontrol patogen penyebab blast pada padi.
4. Bioremidators, golongan bakteri yang mampu mendegradasi logam berat di tanah. Misalnya Serratia sp. SY5 yang dapat meremediasi Cd dan Cu pada tanaman jagung.
Disisi lain PGPR dapat mengkoloni daerah perakaran dan membantu pertumbuhan tanaman, kesehatan, dan juga kesuburan tanah. Salah satu golongan PGPR adalah bakteri yang berperan sebagai biopestisida. Biopestisida merupakan golongan makhluk hidup yang dapat mengendaikan hama dan patogen penyebab penyakit tumbuhan. Mekanisme jenis bakteri sebagai biopestisida antara lain:
• Mekanisme langsung dengan memproduksi antibiotik, siderepore, HCN, dan enzim hidrolitik (kitinase, protease, lipase).
• Mekanisme tak langsung dengan bertindak sebagai probiotik yang berkompetisi dengan patogen dalam ruang hidup, nutrisi dan sebagainya.
Peran PGPR sebagai biopestisida ini diprediksi akan sangat dibutuhkan dalam pertanian masa depan yang mengedepankan keberlajutan (sustainable agriculture) tentu saja riset lebih lanjut masih dilakukan agar penerapannya maksimal.

Sumber: Prasad M, Srinivasan R, Chaudhary M, Jat LK. 2019.Plant growth promoting rhizobacteria (pgpr) for sustainable agriculture: perspectives and challenges: Elsevier Inc.

Share/Bookmark