Klub merupakan kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa yang mewadahi hobi, minat dan bakat mahasiswa. Beberapa klub di HIMASITA bergerak di bidang keprofesian dan beberapa lainnya bergerak di bidang minat bakat. Klub yang bergerak di bidang Keprofesian Proteksi Tanaman adalah Entomology Club dan Organic Farming.

1. Entomology Club (E-Club)

Entomology Club mewadahi minat dan bakat mahasiswa sekaligus memperdalam keprofesian di bidang identifikasi hama dan serangga. Entomology Club mengajak para anggota untuk belajar bersama mengidentifikasi serangga, pemetaan jumlah dan sebaran, embedding,  dan beberapa kegiatan alam lainnya yang dapat menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap alam dan bangsa. Entomology Club diketuai oleh Dwi Andini Shiami. Terdapat 3 divisi, yaitu Eksplorasi (ketua: M. Taufik), Entopreneur (ketua: Ulfa Rafidatillah), dan Entologi (ketua: Desy Ratnasari).

2. Organic Farming (OF)

Organic Farming mewadahi minat dan bakat mahasiswa sekaligus memperdalam keprofesian bidang budidaya tanaman organik dan pengelolaan habitat untuk mendapatkan tanaman yang sehat dan organik. OF mengadakan beberapa kegiatan penanaman dengan perlakuan berbagai PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria). OF diketuai oleh Kholil Ma’ruf.

Klub yang bergerak di bidang minat bakat antara lain English Conversation Club (ECC), Metamorfosa, Kunang-Kunang, dan Capung

1. ECC

ECC mewadahi minat dan bakat mahasiswa dan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mahasiswa Proteksi Tanaman. Kegiatan rutin ECC adalah setiap hari Jumat malam dengan melakukan diskusi dan membahas topik terkini. ECC diketuai oleh Nur Annisa Shalehah.

2. Metamorfosa

Metamorfosa mewadahi minat bakat mahasiswa sekaligus memperdalam ilmu jurnalistik dan publikasi dengan membahas topik tertentu yang masih relevan dengan Proteksi Tanaman. Metamorfosa menertbitkan buletin rutin setiap bulannya. Metamorfosa diketuai oleh Pertiwi Sucianida.

3. Capung

Klub capung mewadahi minat bakat mahasiswa Proteksi Tanaman di bidang fotografi.

4. Kunang-kunang

Klub kunang-kunang mewadahi kegiatan kesenian dan kesusastraan di Proteksi Tanaman. Beberapa kegiatannya antara lain kepenulisan dan kesusastraan, seni tari, teater, puisi, seni rupa, dan seni musik. Klub ini juga bergiat aktif di media sosial twitter @kunangkunangipb untuk saling berbagi dan belajar dari komunitas-komunitas yang ada di sekitar Bogor.

Meskipun HIMASITA membawahi 4 klub yang bergerak di bidang non-keprofesian, namun klub-klub ini tetap mengusung tema pertanian dan pengendalian penyakit dalam membuat topik maupun tema kegiatan. Adanya klub juga dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengasah kemampuan softskills selain melalui perkuliahan.

Share/Bookmark