PRESS RELEASE RANGKAIAN KEGIATAN SOFTSKILL ON PROJECT

Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMASITA) mengadakan rangkaian kegiatan peningkatan softskill di masa pandemi untuk mempersiapkan kebutuhan saat pasca kampus nanti. Kegiatan softskill merupakan salah satu program dari Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) yang diselenggarakan sebanyak tiga kali. Kegiatan softskill on project I diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Juli 2021 yang dihadiri oleh 68 peserta dari berbagai universitas bahkan peserta dari SMA.

Pembicara yang hadir pada softskill on project I yaitu Arvi Nugraha, beliau merupakan salah satu yang ahli dalam bidang investasi dan keuangan mewakili organisasi yang sudah lama berdiri yaitu ISP cabang Bogor. Kegiatan dibuka oleh Master of Ceremony dari Proteksi Tanaman Angkatan 56 yaitu Amanda Fathin Nabila kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Mohammad Ilham Maulana dari Proteksi Tanaman 56. Acara selanjutnya merupakan sambutan dari Wakil Ketua HIMASITA Fachrunnisa Rafika Putri dan sambutan dari ketua pelaksana program yaitu Kinantti Aqilah Dzaki. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan moderator yaitu Richo Deo Arizona dari Proteksi Tanaman Angkatan 56 sekaligus penjelesan tentang challenge setelah acara selesai. Acara softskill on project I dilaksanakan dengan dua kali pemaparan materi di mana sesi pertama menjelaskan tentang investasi dan sesi kedua menjelaskan tentang cerdas dalam mengelola keuangan. Sesi pertama berjalan sekitar 40 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, terdapat 5 orang penanya pada sesi pertama di mana diskusi berjalan efektif. Sesi kedua berjalan sekitar 30 menit kemudian dilanjutkan juga dengan sesi diskusi yang berjalan efektif. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara dan moderator kemudian ada sesi games yang berkaitan dengan materi sebelumnya. Acara ditutup dengan pembacaan kembali kesimpulan seluruh materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Tapi, setelah acara selesai masih ada challenge kepada peserta berupa project membuat mind mapping terkait rencana keuangan di masa yang akan datang dan mewawancarai orang terdekat dari peserta tentang keuangan dan investasi.

Rangkaian selanjutnya yaitu softskill on project II yang membahas tentang kelas desain. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mahasiswa yang ingin belajar dari awal mengenai desain dari salah satu software yang sering digunakan dalam membuat desain. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021 dihadiri oleh 52 orang dari berbagai universitas. Acara pertama dimulai dengan tilawah yang disampaikan oleh Bayu Ardiansyah dari Proteksi Tanaman 56 kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua HIMASITA yaitu Fachrunnisa Rafika Putri dan ketua pelaksana Softskill on Project II yaitu Kinantti Aqilah Dzaki. Acara kemudian dipandu oleh moderator yaitu Devina Syahlani dari Proteksi Tanaman 56 sekaligus mengenalkan narasumber yang akan memberikan materi terkait kelas desain yaitu Safta Gunadi. Materi pertama yang dibahas yaitu mengenai desain secara utuh, baru selanjutnya menjelaskan terkait desain yang baik dan bagus seperti apa. Sesi materi berjalan sekitar 70 menit  selanjutnya diberikan kesempatan untuk diskusi selama 30 menit, banyak peserta yang aktif dalam bertanya sehingga diskusi berjalan dengan lancar. Acara ditutup dengan penjelasan setelah acara aka nada challenge berupa project tentang pembuatan poster bertemakan pekarangan.

Rangkaian terakhir dari kegiatan softskill on project yaitu POEPA on Project. Kegiatan ini bersamaan dengan masa pengenalan departemen Proteksi Tanaman untuk Angkatan 57. Kegiatan POEPA on Project dihadiri lebih dari 124 orang. Acara dimulai dengan tilawah, sambutan ketua pelaksana kemudian dilanjutkan pengenalan moderator sekaligus pengenalan pembicara yaitu Krismalia Maharani dari Proteksi Tanaman 54 dan Majid Siregar. Acara ini membahas tentang meningkatkan kualitas diri dari skill komunikasi.

Rangkaian kegiatan softskill on project  mendapatkan banyak sekali respon baik dari peserta dengan menunjukkan antusias dan perhatian yang lebih terhadap setiap jalannya acara. Harapannya melalui softskill on project ini peserta khususnya mahasiswa bisa mempersiapkankan tentang keuangan dan mengetahui pentingnya investasi di masa mendatang serta mengajak kepada khalayak banyak untuk peduli tentang keuangan dan investasi kemudian bisa memahami pentingnya dunia desain untuk kedepannya serta softskill dalam komunikasi juga dibutuhkan setelah pasca kampus nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *